News

もしもまたいつか (Moshimo Mata Itsuka), Mungkin Nanti Versi Jepang

Moshimo Matma Itsuka Artwork (2)
‘Mungkin Nanti’ adalah salah satu lagu terbaik yang pernah dimiliki Peterpan. Tahun 2004 saat dirilis, lagu ciptaan Ariel ini berhasil mengantar Peterpan menjadi salah satu band besar di Indonesia. Lima belas tahun kemudian, lagu ini kembali dinyanyikan Ariel dalam bentuk yang berbeda, versi bahasa Jepang.

Lagu Mungkin Nanti digubah ke dalam bahasa Jepang menjadi もしもまたいつか atau Moshimo Mata Itsuka. Ariel bercerita awalnya lagu ini diterjemahkan oleh seorang Sahabat NOAH asal Jepang yang bersekolah di Indonesia. “Ide awalnya karena lagu Mungkin Nanti punya kemiripan dalam warna dan melodi dengan lagu-lagu pop ballad Jepang. Tahun 2013, ketemu Sahabat NOAH namanya Naoko yang sekolah sastra Indonesia di sini, sama dia dibantu diterjemahkan ke bahasa Jepang. Setelah itu, album NOAH rilis dan lagu ini jadi ‘terlupakan’. Baru 2019 ini ketemu Hiroaki Kato, musisi asal Jepang, dan akhirnya bisa menyelesaikan lagu Moshimo Mata Itsuka.

Ariel mengaku awalnya cukup menemui kesulitan dalam menerjemahkan Mungkin Nanti ke dalam bahasa Jepang. “Karena kita maunya makna di lagu Mungkin Nanti tidak berubah. Jangan sampai bahasa terjemahannya jadi kaku.”

Lagu もしもまたいつか (Moshimo Mata Itsuka) diupload di channel Youtube Ariel NOAH pada tanggal 7 April 2019 dan berhasil menarik 14 juta viewers serta sempat bertengger di Trending #2 Youtube Indonesia. Ariel tak sendiri di video tersebut, vokalis NOAH itu tampil bersama Ariel Nidji. Bahkan videonya pun direkam oleh Lukman, gitarisnya di NOAH.

Melihat reaksi yang cukup besar dari lagu Moshimo Mata Itsuka ini, Ariel akhirnya merilis lagu tersebut ke dalam digital format. “Sebagai hadiah untuk Sahabat yang selalu mendengarkan lagu-lagu NOAH, serta sebagai jembatan untuk menunggu rilisnya album terbaru NOAH.”

Lagu もしもまたいつか (Moshimo Mata Itsuka) akan dirilis pada tanggal 26 April 2019 dan

bisa dinikmati di seluruh digital streaming platform.

Artist : Ariel NOAH
Lagu : もしもまたいつか (Moshimo Mata Itsuka)
Produksi : Musica Studio’s