News

Dave Grohl Rilis Rekaman Awal Foo Fighters Untuk Record Store Day

rich-singer-grohl-corbis-630-80

Tahun ini Foo Fighters telah bersama untuk dua puluh tahun. Tahun ini pula gitaris sekaligus vokalis mereka, Dave Grohl didaulat menjadi duta perayaan akbar sedunia, Record Store Day. Untuk itu, Grohl telah menggali kembali arsip lama mereka dan mengangkat beberapa rekaman dari masa awal Foo Fighters terbentuk untuk dikeluarkan sebagai rilisan istimewa Records Store Day pada 18 April nanti.

Dua buah versi awal dari lagu “Alone + Easy Target” dan “Big Me”, satu lagu cover milik Kim Wilde dari 1981, “Kids in America” serta sebuah lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya, “Empty Handed” akan mereka satukan dalam piringan hitam 10-inci yang bertajuk Songs From the Laundry Room.

“Dulu ada seorang anak yang tinggal tidak jauh dariku yang memiliki studio rekaman 4-track di dalam ruangan laundry di rumah orangtuanya. Anak itu bernama Barrett Jones,” ungkap Grohl kepada Rolling Stone. “Dia berusia beberapa tahun di atasku dan dia lah yang membeli semua peralatan dan perlengkapan rekaman dan mulai mencoba-coba merekam semua band teman-temannya. Jadi pengalaman rekaman pertamaku adalah dengan Barrett.”

Kala itu Grohl mengingat tengah berada dalam sebuah band bernama Freak Baby, dan bersama Barrett ia juga telah merekam lagu-lagu dari band yang ia duduki setelahnya seperti Mission Impossible, Scream, Dain Bramage dan Nirvana. Dalam proses merekam banyak materi bersama Barrett, diakui Grohl bahwa dari situ lah embrio band dan lagu-lagu Foo Fighters terbentuk.

“Ketika pengambilan gambar untuk Sonic Highways episode Seattle, Barrent memperdengarkan  lagu-lagu yang pernah aku rekam, entah, mungkin 25-26 tahun yang lalu? Ternyata ada banyak sekali rekaman laguku yang tidak dapat aku ingat sedikitpun. Rasanya sangat aneh, membuat kita bertanya, ‘Apa yang sedang kupikirkan saat itu?!”

Grohl mengungkapkan bahwa semua rekaman di ruang laundry tersebut tidak ada yang serius, dan dianggap hanya sebagai hobi untuk mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan Nirvana. “Setelah Nirvana berakhir, mungkin aku merekam sekitar 20-40 lagu yang tidak pernah didengar siapapun sebelumnya. Jadi sebenarnya masih ada banyak lagi dari sekedar yang terdapat di Songs From the Laundry Room.

Pada lagu “Empty Handed” Grohl mendeskripsikan lagu tersebut lebih seperti sebuah eksperimentasinya dalam bernyanyi, bermain gitar dan menulis lagu. “Aku tidak pernah menjadi penyanyi dan penulis lagu utama dalam band sampai saat itu, maka bagiku ini hanya eksperimen pribadi tanpa maksud untuk didengar banyak orang. Karena aku pun tidak terlalu menyukai suaraku sendiri.”

Sumber : rollingstone Indonesia