News

LAGA SERI TERAKHIR IXOR 2015 KLIMAKS SPEED OFFROAD TANAH AIR

IMG_4738 copyIXOR seri terakhir 2015 menjadi suguhan menarik bagi penonton, terutama offroader dalam menggeber kendaraanya di sirkuit Citra Mitra City yang mengadobsi beberapa tikungan maupun jumping layaknya di sirkuit El Sinor, Amerika Serikat.

Ketatnya persaingan di kejuaraan Indonesia Xtreme Offroad Racing(IXOR) 2015 merupakan salah satu bukti dunia otomotif tanah air khususnya speed offroad makin ramai dilirik baik offroader, penggemar otomotif maupun masyarakat. Terbukti dengan digelarnya seri ke-7 yang merupakan klimaks dari gelaran IXOR tahun 2015 di sirkuit Citra Mitra City Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Setidaknya sekitar 162 offroader dari berbagai daerah di Indonesia bersaing memperebutkan juara di kelas masing-masing dan menjadi 20 terbaik yang akan berlaga di Best overall untuk memperebutkan yang tercepat.

IMG_7381 copyHari pertama cuaca sangat cerah dan panas, masyarakat sangat antusias menyaksikan laga seri terakhir IXOR 2015. Disepanjang berem maupun disetiap tikungan serta jumping dipenuhi penonton. Lintasan dengan panjang kurang lebih 4,7 kilometer lengkap dengan Jumpingan maupun tikungan sempit maupun lebar menjadi suguhan yang menarik bagi penonton terutama offroader. Seperti yang dikemukakan Julian Johan pembalap dari AHSRT “Final IXOR ini paling seru, bisa dibilang ini klimaksnya. Karena setelah 6 seri sebelumnya kita belum menyambangi Banjarbaru, akhirnya kita kesini dan dapat trek yang paling asik dan memuaskan. Jadi tidak hanya membuat pembalapnya tertantang adrenalinnya tapi menjadi suguhan menarik bagi penonoton. Trek ini sangat cocok untuk berbagai jenis kendaraan. Kami berharap team AHSRT dapat melakukan yang terbaik, pembalapnya dapat naik podium di kelas masing-masing. Apalagi team AHSRT bisa dibilang tuan rumah karena mayoritas pembalapnya berasal dari Kalimantan, sehingga di tanah sendiri kami dapat tampil lebih maksimal dari seri-seri sebelumnya.”

IMG_4786 copyIMG_7071 copyRiuh tapuk tangan penonton terdengar disepanjang sirkuit Citra Mitra City saat Rifat Sungkar dari Fastron Team kembali bertarung bersama H. Sam dengan kendaraan bernomor 007 dari Jhonlin Racing Team di SS1 dan SS2, untuk menjadi yang tercepat. Menurut Eri Rinjani, Ketua OC sekaligus Master Trek “Untuk seri terakhir ini, dilombakan 18 kelas yang terbagi menjadi enam group. Selanjutnya 20 offroader tercepat dalam memacu kendaraanya di SS1 sampai SS4 akan bertarung lagi di babak champ of the champ.” Laga di hari kedua putaran terakhir Pertamina BPE IXOR 2015 semakin seru mengingat kondisi trek yang basah karena diguyur hujan menjadi tantangan bagi 20 offroader dalam menggeber kendaraanya sehingga mampu menjadi juara best over all. Ditemui sebelum start Rifat Sungkar menyampaikan, “Walaupun sampai detik terakhir kita berusaha mengejar ketinggalan ini. Treknya amazing, bagus banget dari sisi konfigurasi, kombinasi fast porter, infrastruktur dan lain-lainnya. Kami berharap bisa tampil dengan baik dan performa mobil yang prima meskipun team kami tidak dapat menjadi juara umum di IXOR tahun ini namun setidaknya kami bisa menutup kejurnas tahun ini dengan hasil yang memuaskan. Intinya kita sebagai peserta harus sportif, do the best karena yang namanya kompetisi dibutuhkan jiwa sportifitas yang tinggi and never give up sampai kapanpun.”

IMG_7022 copyIMG_7515 copyBerbagai moment menarik dapat disaksikan penonton, saat offroader tanah air memacu kendaraannya. Kondisi trek yang berdebu tidak hanya menyulitkan offroader, namun beberapa offroader memanfaatkannya sebagai trik untuk memperlambat lawan karena keterbatasan jarak pandang jadi diperlukan kesabaran serta ketelitian. Namun, kondisi itu tak menyurutkan atmosfir persaingan offroader untuk menjadi yang tercepat. Seperti yang dikemukakan Albertus Hariono Offroader Toyota Team Indonesia sekaligus Direktur Utama SMN “Pelaksanaan event sangat baik mulai awal sampai akhir, semuanya terlaksana dengan baik serta hasilnya cukup memuaskan. Treknya snagat bagus beberapa tikungan dan jumpingan kami copy paste dari sirkuit El sinor di Amerika. Untuk pelaksanaan speed offroad tahun depan rencananya hanya akan dilaksanakan 5 seri sementara untuk 2 seri nya kami akan mengadakan offroad racing seperti di Amerika.”

IMG_6576 copyIMG_4410 copyIMG_7411 copyMichael navigator H. Sam dari Jhonlin Racing Team juga tak henti mengucapkan syukur karena berhasil meraih juara umum meskipun di seri terakhir tidak dapat memberikan yang terbaik buat team maupun penonton mengingat ini kendaraan terbaru dengan mesin LS 7 Super Charger 800 HP dengan ukur ban 35. Seri 7 merupakan klimaks bukan hanya menurut saya tetapi semua peserta. Menurut mereka ini merupakan trek favorit dengan jenis kendaraan apapun baik Jimny, Cheeroke, Tubular, Polaris dan lain-lainnya. Mudah-mudahan tahun depan peserta lebih banyak dan penyelenggara dapat membuat sirkuit dengan acuan seperti sekarang ini sehingga offroader dapat pol-polan memacu kendaraannya. “

IMG_4926 IMG_4900Pengumuman sekaligus penyerahan hadiah dilaksanakan usai shalat maghrib. Rifat Sungkar berhasil menjadi yang tercepat di best overall dengan waktu total di SS5 dan SS6 yakni 06:58.808, kemudian disusul Jhoni dan M Akil dari JRT dengan waktu total 06:59.103, dan posisi ketiga Doni bersama Dede Hermawan dari team BJM dengan waktu total 07:07.62 sementara juara umum Pertamina BPE IXOR 2015 diraih oleh H. Sam bersama Michael dari Jhonlin Racing Team.

Ribuan Penonton Saksikan Putaran Terakhir IXOR 2015

track-03Selama 2 hari suasana disekitar sirkuit Citra Mitra City, Banjarbaru yang merupakan lokasi berlangsungnya putaran terakhir Pertamina BPE IXOR 2015 sangat ramai. Antusias penonton yang hadir memadati setiap tikungan dari lintasan, kurang lebih sekitar 1500 warga yang datang menyaksikan pertarungan offroader-offroader tanah air yang untuk kedua kalinya berlaga di sirkuit Banjarbaru. Tidak hanya dari Kalimantan Selatan saja, bahkan dari luar Kalimantan datang menyaksikan Kejurnas Speed Offroad putaran akhir ini.

IMG_7490 copySeperti yang dikemukakan Farid warga Cempaka “Ini merupakan tontonan menarik, dimana kami dapat menyaksikan offroader nasional berlaga di Banjarbaru. Ini kedua kalinya dilaksanakan disini dan serunya tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya. Mudah-mudahan dengan sering dilaksanakannya event seperti ini khususnya di Banjarbaru menjadi hiburan bagi masyarakat disamping itu lebih mengetahui dunia offroad tanah air khususnya speed offroad.” Ibu Fitri salah satu pedagang yang berjualan di lokasi balapan juga mengungkapkan “Sangat bersyukur dengan diselenggarakannya kegiatan seperti ini. Menurutnya selain menambah penghasilan dengan berjualan juga dapat mengajak keluarga untuk menonton offroad.”

Trek Sirkuit Citra Mitra City Mengadopsi Handicap El Sinor California
Laga di seri terakhir ini menyisakan kesan bagi offroader maupun penonton. Mengingat lintasan yang dirancang untuk top speed dengan berbagai handicap yang menantang, dengan tetap memperhatikan unsur keselamatan pembalap maupun kendaraan. Salah satunya adalah “crazy jump” dengan tanjakan pertama sebelum yang dibuat berjarak sedemikian rupa dengan crazy jump disamping hot lap menjadi penutup yang sangat menarik bagi offroader disetiap special stage.

track-01 track-02Seperti yang dikemukakan Eri Rinjani, Master Trek “Panjang trek 4,7 km dengan sudut positif yang banyak dan lebarnya lebih dari trek yang biasa dipakai di seri-seri sebelumnya sehingga mobil yang kebuang bisa lebih aman. Trek ini offroader dapat melakukan drift, slalom maupun sliding. Trek ini lebih ke entertain, sehingga penonton maupun media dapat menikmatinya. Offroader harus bisa memanfaatklan racing line di trek ini apalagi jumping-nya harus dapat dimanfaatkan dengan baik karena jumpingan ini tidak menghambat melainkan mempercepat. Dengan konsep trek ini pembalap Indonesia dapat menikmati trek seperti di negeri paman sam salah satunya El Sinor. Dibutuhkan teknik, ritme dan skill yang baik untuk melintasinya dengan cepat dan benar bagi offroader dengan berbagai jenis kendaraan seperti Polaris, Cherokee Jeep, Tubular, Jimny Suzuki, Vitara, Wrangler Jeep dan lain-lainnya. Kami berharap mampu menghadirkan sebuah tontonan yang menarik bagi masyarakat terutama offroader dalam memacu kendaraanya.”